BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini memuat hasil-hasil analisis data berdasarkan perhitungan yang diperoleh seperti mean, median, modus, standar deviasi, varians, grafik, tabel, dan sebagainya. Perhitungan statistik yang menyimpulkan apakah hipotesis ditolak atau diterima perlu dikemukakan dengan jelas. Selanjutnya dibahas secara teoritis dan empiris mengapa hipotesis tersebut ditolak atau diterima, dan dijelskan makna serta relevansi dari penolakan dan penerimaan hipotesis terhadap tujuan yang telah ditetapkan.

4.1. Deskripsi Keadaan Umum Objek Penelitian dan Variable yang Diamati
Deskripsikan keadaan umum objek penelitian yang relevan (apa, siapa, dimana, kapan,  bagaimana, dan mengapa). Bagian mana yang menjadi variabel penelitian baik variabel bebas maupun variabel terikat.

4.2. Deskripsi Hasil Penelitian
Menjelaskan hasil-hasil analisis data terhadap variabel-variabel yang diteliti Artinya, hasil pengukuran terhadap variabel, dinyatakan dan dilukiskan. Misalnya proporsi jawaban responden dalam bentuk persen, atau nilai rata-rata modus, median, simpangan baku, varian, dari setiap variabel yang diukur. Tabel dan grafik hasil pengukuran variabel dapat dibuat oleh peneliti untuk memudahkan para pembaca mempelajari temuan penelitian. Berikan interprestasi terhadap hasil-hasi! tersebut. Tabel dan grafik bisa juga ditempatkan di lampiran..

4.3. Pengujian Hipotesis
menjelaskan hasil perhitungan pengujian hipotesis dan membandingkannya dengan kriteria pengujian hipotesis, untuk kemudian menarik kesimpulan, apakah hipotesis penelitian diterima atau ditolak.

4.4. Pembahasan Hasil Penelitian
Berikan pembahasan teoritis mengapa hipotesis penelitian ditolak, atau diterima serta makna dari penolakan dan penerimaan hipotesis tersebut. Berikan argumentasi teoretis terhadap hasil pengujian hipotesis. Misalnya, apabila hipotesis penelitian ditolak atau tidak terbukti, berikan alasan mengapa tidak terbukti. Mungkin dalam hal proses pengumpulan data, kurang cermat, atau mungkin pula analisis data kurang cermat. atau memang teori yang mendasari hipotesis tidak relevan penerapannya dalam situasi dan kondisi di daerah penelitian. Peneliti jangan tergesa-gesa menyalahkan teori. Jika, sebaliknya, yakni hipotesis diterima, berarti teori cocok dengan realita. Diterima atau ditolaknya hipotesis bisa dijadikan dasar untuk mengajukan saran-saran dalam bab terakhir

4.5. Implikasi Hasil Penelitian
Berikan penjelasan tentang implikasi-implikasi dari hasil penelitian.