BAB III
METODOLOGI

Metode penelitian mengungkapkan tahapan-tahapan proses penelitian mulai dari penetapan lokasi dan waktu penelitian, teknik pemilihan sampel dan besarnya sampel, teknik pengumpulan data, analisis data, model yang dikembangkan dan hipotesis yang diuji, serta asumsi-asumsi yang mendasari analisis dan model. Pada bagian ini, perlu dikemukakan defenisi operasional yang menjelaskan batasan-batasan konsep yang dipergunakan dalam penelitian, baik konsep kata dan kalimat maupun ukuran-ukuran yang dipergunakan.

3.1. Tujuan Khusus Penelitian
Menjabarkan tujuan umum penelitian menjadi tujuan khusus yang rumusannya konsisten dengan rumusan masalah.

3.2. Tempat dan Waktu Penelitian
Menjelaskan penetapan lokasi penelitian dilaksanakan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan penelitian.

3.3. Metode dan Disain Penelitian
Menjelaskan metode penelitian dan alasan-alasannya, variabel yang diteliti dan disain penelitian (hubungan-hubungan variabel).Misalnya metode quantitatif, metode deskriptif atau metode ex post facto dan alasan-alasan mengapa metode tersebut digunakan.Jika perlu dibuat diagram atau skema proses penelitian dengan metode penelitian yang dipilih.

3.4. Teknik Pengumpulan Data dan Sumber Data
Menjelaskan alat pengumpul data/instrumen yang akan digunakan dalam mengukur variabel penelitian beserta syarat-syarat yang harus dipenuhinya.Data apa saja yang diperlukan dalam penelitian (misalnya profil responden, data penggunaan input, data produksi, data harga, dll. Bagaimana data-data tersebut diperoleh (misalnya kuesioner, observasi, tes, studi dokumentasi, dll.) dan dimana data dapat diperoleh atau sumber data (misalnya petani, pedagang, Badan Pusat Statistik, Dinas Perdagangan, dll). Rincian data yang akan diambil (seperti kuesioner, tes, dll) dapat diletakkan pada lampiran.

3.5. Teknik Pemilihan Sampel
Menjelaskan teknik pemilihan sampel, dari populasi penelitian dan besarnya sampel penelitian.

3.6. Metode Analisis Data
Menjelaskan bagaimana proses pengolahan data, skala hasil pengukuran yang diperoleh dari hasil instrumen penelitian, teknik quantitative (statistika. ekonometrika, linear programming, dll) untuk mengolah/menganalisa data dan menguji hipotesis, termasuk uji-uji prasyaratnya. Kemukakan pula kriteria pengujiannya.

3.7. Konsep Operasional
Memberi batasan konsep variabel yang ada dalam masalah serta menetapkanhasil-hasil pengukurannya.