BAB II
KERANGKA PEMIKIRAN DAN RUANG LINGKUP

Kajian teori dan kerangka pemikiran harus lengkap dan disusun menurut perkembangan pengetahuan yang relevan dengan penelitian penulis. Tinjauan pustaka merupakan suatu dokumentasi yang menjelaskan kajian teoritis terhadap suatu masalah. Pertama, pembahasan secara teoritis variabel-variabel yang diteliti. Kedua, mengemukakan hasil penelitian sebelumnya yang sejalan atau bertentangan dengan pendapat peneliti. Ketiga, mengkonsepsikan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti berdasarkan teori, postulat, asumsi yang ditetapkan, dan menyususn suatu model yang sesuai dengan kerangka pemikiran tersebut. Keempat, berdasarkan kerangka pemikiran dan model yang disusun dirumuskan dan diajukan hipotesis penelitian baik secara verbal maupun secara statistik (notasinya) serta kriteria pengujiannya.

2.1. Kajian Teori
Pembahasan teoritis mengenai variabel penelitian, baik variabel bebas maupun variabel terikat.

2.2. Kajian Hasil Penelitian yang Relevan
Nyatakan hasil penelitian sebelumnya  (kalau ada) yang relevan dengan variabel penelitian.

2.3. Kerangka Pemikiran
Nyatakan/konsepsikan hubungan antara variabel (bebas dan terikat) bardasarkan teori, postulat, asumsi, yang ada. Susun (kalau bisa) suatu model/diagram yang menyatakan alur hubungan variabel di atas.

2.4. Hipotesis Penelitian
Atur dasar kerangka pikir diatas ajukan/ rumuskan hipotesis penelitian baik secara verbal maupun secara statistik (notasinya) serta kriteria pengujiannya.