BAB I
PENDAHULUAN

Bagian atau Bab Pendahuluan ditujukan untuk memberikan suatu gambaran singkat tentang latar belakang dan alasan penelitian serta bagaimana kaitan penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian yang dilakukan orang lain. Pada bagian ini dikemukakan identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan perumusan masalah. Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan tersebut, ditetapkan tujuan dan kegunaan penelitian, serta hipotesis yang diajukan untuk diperiksa.

1.1. Latar Belakang
Menjelaskan, dasar pemikiran penulis, mengapa dan bagaimana sampai penulis memilih juduI atau tema skripsi, tesis, disertasi. Pertanyaan ”mengapa” berkaitan dengan alasan-alasan rasional maupun alasan empiris tentang pentingnya topik atau tema tersebut diteliti.

1.2. Identifikasi Masalah
Menjelaskan kemungkinan-kemungkinan masalah yang timbul dari tema/topik/judul. Masalah I, masalah II, masalah III, Masalah IV, dan seterusnya.Ajukan permasalahan-permasalahan yang teridentifikasi sebanyak-banyaknya yang mungkin timbul untuk diteliti.

1.3. Pembatasan Masalah
Menetapkan/memilih masalah dari kemungkinan yang ada disertai argumentasinya.Dari sekian banyak kemungkinan tentukan permasalahan manakah yang dijadikan inti penelitian dengan memberikan argumentasinya, mengapa masalah itu yang dipilih (pembatasan masalah). Alasan bisa ditinjau dari kepentingan peneliti, kepentingan ilmu, kepentingan profesi, dll.

1.4. Perumusan Masalah
Setelah permasalahan dibatasi, dirumuskan subpertanyaan-subpertanyaan penelitian yang bersumber dari permasalahan yang telah dipilih (perumusan masalah). Nyatakan pula variabel yang terkandung dalam rumus & pertanyaan tersebut, mana variabel bebasnya, mana variabel terikatnya.

1.5. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Merumuskan tujuan umum penelitian yang konsisten dengan masalah pokok penelitian serta kegunaan penelitian.